Translator

Selasa, 29 April 2014

HERBAL PENGUSIR BATUK



TUGAS 2

Mungkin, semua orang pasti pernah mengalami batuk. Ada yang ringan, ada yang berat. Ada yang berdahak, ada yang kering. Entah karena sudah biasa, orang lalu menganggap remeh batuk. Masalahnya, jika tidak diobati, terjadi infeksi. Dan jika sudah akut, kemungkinan besar sulit diobati. Sebenarnya, batuk berfungsi untuk membersihkan tenggorokan dan saluran pernapasan. Tetapi bila berlebihan, itu sudah merupakan suatu penyakit. Batuk biasanya timbul secara mendadak. Bisa karena masuk angin, influenza atau pun sinusitis. Selain menimbulkan kerugian apabila batuk berdahak berlebihan, pada dasarnya batuk berguna untuk membersihkan saluran pernapasan juga. Semua yang ada dalam tenggorokan akan terangkat lewat batuk.
Ada dua cara mengobati batuk berdahak ini, yaitu dengan obat dan tanpa obat. Madu merupakan bahan yang dipercaya dapat menyembuhkan batuk. Madu memiliki zat anti mikroban dan anti oksidan  yang dapat melawan bakteri. Madu yang dikombinasikan dengan buah jeruk, herbal, dan rempah-rempah merupakan obat yang enak untuk mencegah dan mengobati batuk dan gejala flu. Hari ini saya akan membagi resep sirup pemcegah batuk.
Alat dan Bahan :
Jeruk lemon
Jahe bubuk/ segar
Madu hutan atau dapat menggunakan madu yang dijual di warung/supermarket (jangan yang ada rasanya ya!)
Sendok panjang/sumpit/pengaduk
Toples kaca 500ml

Cara pembuatan :
1.      mula mula potong jeruk melintang, jangan terlalu tipis juga jangan terlalu tebal (kira-kira 1cm)
2.      potong kembali jeruk menjadi 4 bagian
3.      parut jahe sebantak 1 sendok teh atau dapat menggunakan jahe bubuk sam banyak
4.      masukkan jeruk, jahe dan madu hingga memenuhi ½ toples. Campur pastikan sebua bahan tercampur merata
5.      masukkan kembali sisa jeruk, jahe dan madu hingga memenuhi toples, campur kembali dan pastikan semua tercampur rata.
6.      tutup toples dan simpan dalam almari es, setelah 3-4 jam sirup siap digunakan.sirup dapat bertahan hingga 2-3 bulan.
7.      Sirup dapat dikonsumsi langsung atau dapat dicampur dengan air hangat atau teh.

Demikian tips dari saya semoga bermanfaat






0 komentar:

Posting Komentar